Loading...
Bisnis

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Produk Digital

Bagi anda yang pertama kali ingin memulai bisnis online atau sekedar untuk mencoba bisnis pada bidang baru seperti produk digital. Di mana produk ini memiliki sifat yang non fisik dan hanya berupa barang digital seperti template website, ebook, software atau aplikasi, template desain banner, membership website, video tutorial dan lain sebagainya. Apalagi pada saat ini sudah banyak menjalankan bisnis ini karena jika produk ini bisa terjual maka yang menciptakan template ini akan mendapatkan penghasilan.

Alasan berbisnis dengan produk digital

Dengan menjalankan bisnis dari produk digital seperti convert pulsa merupakan suatu hal yang relatif fleksibel untuk bisa dipasarkan di mana anda tidak diharuskan untuk menyediakan stok barang. Seperti contoh template website yang anda buat dan dijual bisa tetap didownload oleh siapapun walaupun template website tersebut hanyalah satu. Berbeda halnya jika anda menjual produk fisik seperti tas, jika tas tersebut banyak dibeli oleh para pembeli maka stoknya pun akan habis jadi anda harus menyediakan stok lagi untuk bisa dijual kembali. Dengan hal tersebut sangatlah memakan waktu dan harus mengeluarkan modal yang besar. Sehingga di dalam bisnis ini sangatlah fleksibel untuk proses pemasarannya. Di mana anda tidak perlu lagi untuk melakukan pengiriman, menyediakan stock dan lain-lain.

www.pexels.com

Untuk biaya produksi dalam menjalankan bisnis produk digital ini sangat murah dibandingkan dengan produk fisik. Di mana jika anda memproduksi sebuah tas pastinya akan memakan biaya produksi seperti proses pembuatan, ongkos kirim dan biaya lainnya. Dan jika anda membuat sebuah e-book anda tidak akan membutuhkan biaya produksi. Karena bisnis ini anda hanya membuat satu template saja yang bisa dijual ke banyak orang.

Banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis ini jika anda bisa menekuni bisnis ini secara baik dan benar. Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan jika anda ingin menjalankan bisnis ini :

  • Anda bisa berperan sebagai produsen di mana anda yang membuat produk ini yang akan anda pasarkan. Hasil dari produk tersebut yang anda buat bisa anda jual di dunia internet.
  • Anda bisa juga berperan sebagai affiliate marketer di mana anda yang memasarkan produk dari para produsen yang nantinya anda akan mendapatkan komisi dari produsen tersebut karena anda sudah memasarkan produknya. Apalagi persentase komisi lebih besar dibandingkan dengan memasarkan produk fisik

Dengan menjalankan bisnis pada bidang produk digital anda bisa menjalankan dua fungsi sekaligus di mana anda bisa berperan sebagai produsen atau anda bisa menjadi marketing yang memasarkan produk tersebut. Ada beberapa langkah untuk anda lakukan jika anda ingin memasarkan produk tersebut dan menjadi seorang affiliate :

  • Sudah memiliki sarana pemasaran : sebagai seorang affiliate marketer anda harus memiliki media pemasaran untuk memasarkan produk anda di mana media tersebut memiliki banyak ragam. Seperti anda bisa memasarkan produk tersebut melalui akun media social anda yang di mana anda bisa memposting untuk mempromosikan produk tersebut.

Anda juga bisa melakukan pemasaran melalui website atau blog yang anda miliki sebagai sarana. Di mana anda bisa memposting atau menggunakan cara khusus seperti banner promosi yang akan ditampilkan di dalam website atau blog tersebut.

www.pexels.com

Ada juga beberapa affiliate marketer yang memasarkan produk tersebut pada iklan yang ada di internet seperti Google AdWords, Facebook Ads, atau anda juga bisa menggunakan jaringan iklan PPC lain untuk bisa menarik trafik landing page atau web. Dimana traffic tersebut akan masuk ke dalam landing page atau web yang nantinya akan diarahkan ke dalam website produsen produk tersebut.

Media pemasaran lainnya seperti list email yang dimiliki oleh marketing tersebut yang di mana marketing tersebut akan membuat beberapa list yang berisi ribuan sampai jutaan email sebagai target pasar mereka. Sehingga pada saat marketing tersebut memasarkan suatu produk maka ribuan orang yang ada di dalam list tersebut akan melihat produk yang dipasarkan itulah metode email marketing untuk melakukan pemasaran yang dilakukan melalui email.

Jadi jika anda sebagai affiliate marketer anda harus memiliki media pemasaran kuat untuk anda bisa sukses. Karena dengan metode pemasaran ini bisa membantu anda dalam penjualan yang nantinya akan memperoleh penghasilan bagi anda. Namun sebenarnya kunci utama untuk anda memperoleh keberhasilan dalam menjalankan bisnis ini anda memiliki tekad untuk bisa belajar dan kemauan yang besar untuk bisa memulai bisnis ini.

  • Menentukan produk yang akan dipasarkan : jika anda sudah memiliki media pemasaran anda tinggal menentukan apa yang akan menjadi produk anda untuk anda pasarkan. Anda bisa menentukan produk yang lebih relevan dengan bidang yang anda sudah kuasai. Seperti jika anda memiliki website yang memiliki topik fotografi anda bisa memasarkan produk dari bidang fotografi seperti video tutorial tentang fotografi kursus online fotografi dan lain sebagainya. Anda juga harus bisa memilih produk-produk yang relevan dengan segmen audiens. Jadi jika anda memiliki website atau akun media sosial untuk orang yang berusia 18-30 jadi anda bisa pasarkan produk tersebut pada usia tersebut.
  • Anda juga harus mendapatkan akses untuk produk yang anda pasarkan : langkah selanjutnya tanggal 7 harus memiliki akses untuk ke vendor produk tersebut. Seperti jika anda akan memasarkan video tutorial fotografi maka anda bisa mengakses ke penyedia video tutorial fotografi tersebut. Dan jika anda memilih untuk memasarkan template website anda juga harus bisa mendapatkan akses ke para pembuat template website tersebut.
  • Mempromosikan produk pada jaringan pemasaran yang anda miliki : langkah selanjutnya anda bisa mempromosikan produk afiliasi anda di dalam jaringan pemasaran yang anda miliki. Jika anda memilih produk berbentuk website anda bisa tampilkan link atau banner promo produk pada website yang anda miliki. Jika anda menggunakan metode email marketing anda bisa membagikan link afiliasi email yang akan anda pasarkan ke pada member list yang ada di email anda. Dan jika anda ingin memasarkan menggunakan media sosial seperti Facebook anda bisa melakukan penawaran dengan memposting produk tersebut di Facebook. Di mana produk yang anda tawarkan bisa langsung diarahkan ke dalam website vendor produk tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika anda ingin menjadi seorang affiliate marketer.

www.pexels.com

Langkah untuk menjadi seorang produsen produk digital

Jika anda ingin menjalankan bisnis produk digital sebagai produsen anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Langkah pertama anda bisa menemukan ide produk tersebut di mana untuk bisa mendapatkan ide produk anda bisa menggunakan berbagai cara seperti anda bisa mengamati produk yang banyak diminati di pasaran, anda juga bisa mencari ide produk dengan keahlian yang anda miliki atau anda bisa mencari solusi atas masalah yang banyak dihadapi oleh banyak orang.
  • Untuk anda bisa membangun bisnis secara online anda sebaiknya bisa melakukan validasi ide agar produk yang akan anda pasarkan bisa masuk ke pasar. Di mana dengan validasi ide tersebut bisa memberikan anda inspirasi yang bermanfaat untuk dapat mengembangkan sebuah bisnis online.
  • Setelah anda sudah melakukan validasi ide anda bisa menciptakan produk yang akan anda pasarkan. Jika anda ingin membuat produk yang berupa video tutorial maka anda bisa membuat video tutorial tersebut. Jika anda ingin membuat produk yang berbentuk ebook mulai menulis ebook anda. Anda juga bisa menggunakan tenaga orang lain untuk bisa membuat produk yang akan anda pasarkan di mana nantinya anda akan membayar orang untuk mengerjakan produk tersebut.
  • Setelah produk tersebut sudah jadi langkah selanjutnya anda bisa menyiapkan sistem dan jaringan pemasaran untuk produk yang akan anda jual. Sistem tersebut seperti sistem penjualan, distribusi dan pemasaran produk yang anda jual.

Di mana sistem penjualan tersebut seperti bagaimana cara anda dalam menjual produk digital apakah anda memasarkan produk tersebut sendiri melalui website anda atau anda menjual produk tersebut melalui marketplace. Untuk cara pemasarannya anda harus bisa berfikir untuk bagaimana cara dalam memasarkan produk tersebut apakah anda menggunakan jaringan media sosial yang anda miliki atau anda menggunakan jasa affiliate marketer.

www.pexels.com

Dan untuk distribusi produk anda harus bisa memikirkan bagaimana produk tersebut akan didistribusikan. Yang di mana biasanya produk tersebut didistribusikan melalui website yang nantinya pembeli hanya mendownload produk yang anda jual.

  • Langkah yang terakhir anda bisa mulai memasarkan produk yang anda jual. Pemasaran tersebut bisa anda lakukan melalui berbagai cara seperti media, bisa juga anda memasarkan produk anda melalui email list yang anda miliki, dengan memasarkan melalui iklan di website lain, memasarkan melalui blog, media sosial dan masih banyak lagi. Anda juga bisa meminta bantuan affiliate marketer untuk bisa memasarkan produk anda dan pastinya anda harus bisa menawarkan komisi penjualan pada setiap penjualan produk yang berhasil dilakukan oleh marketing tersebut.

Jadi secara umum langkah-langkah tersebut bisa anda lakukan jika anda ingin menjadi seorang produsen di dalam produk digital yang akan anda pasarkan melalui internet. Memang semuanya banyak hal yang harus anda pelajari dan pahami untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan anda.

Bisnis ini merupakan suatu pekerjaan yang sangat besar jadi anda sebaiknya bisa lebih fokus dengan kemampuan yang anda miliki seperti anda fokus terhadap pembuatan produk yang di mana untuk urusan seperti penjualan, pemasaran dan distribusi anda bisa serahkan ke dalam situs marketplace yang ada di internet. Agar anda bisa mendapatkan hasil produk yang baik dan bisa membuat banyak para pembelinya puas dengan hasil produk anda. Sehingga produk anda bisa saja dijadikan rekomendasi untuk orang lain. Dengan hal tersebut produk anda akan banyak diminati. Dan hasil tersebut akan anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan produk anda.

Dengan menjalankan bisnis ini anda hanya memerlukan modal yang kecil bahkan juga bisa menghemat waktu. Namun hasil yang akan anda dapatkan bisa sangat besar, apalagi pada saat ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja melalui online. Karena dengan alasan bisa menghemat waktu dan tidak perlu datang ke toko. Anda perlu ingat kembali dengan anda bisa lebih tekun dalam menjalankan bisnis ini akan menghasilkan penghasilan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *