Loading...
foodKesehatan

Mengenal Beragam Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Sebagian besar orang di Indonesia tentunya sudah pernah mendengar tentang buah kurma. Buah yang berasal dari dataran Arab ini popularitasnya meningkat khususnya di bulan Ramadhan. Buah yang memiliki rasa manis ini memang sering dijadikan makanan yang pertama kali disantap ketika berbuka puasa. Hal ini memang sejalan dengan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan berbuka menggunakan buah kurma. Kurma ini memang dikenal punya manfaat yang besar untuk kesehatan sehingga banyak yang mulai membuat ekstrak dari buah ini untuk bisa dikonsumsi setiap hari.

Kurma sendiri merupakan buah yang masuk dalam kelompok tanaman Palma. Daerah asal dari kurma sendiri tidak diketahui dengan cukup jelas namun diperkirakan kurma ini awalnya berasal dari daerah Teluk Persia yang kemudian menyebar ke berbagai negara di Timur Tengah. Sekarang kurma bisa dengna mudah ditemukan di banyak negara termasuk di Indonesia karena buah ini sudah diekspor ke berbagai belahan dunia. Di balik rasanya yang manis ternyata buah ini punya banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

Di dalam buah kurma terdapat zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan paling banyak yang ada dalam buah kurma adalah kandungan gulanya yang membuat buah ini baik dikonsumsi ketika berbuka puasa karena dapat memberikan suplai energi yang mudah dicerna dalam waktu cepat oleh tubuh. Selain gula, di dalam buah kurma juga terkandung banyak zat gizi lainnya seperti serat pangan, lemak, protein, air, vitamin, mineral dan mangan. Vitamin yang ada di dalam buah kurma antara lain vitamin A, vitamin K, niasin, thiamin, folat serta riboflavin. Sementara itu dari golongan mineral bisa ditemukan kandungan fosfor, zat besi, natrium, kalsium, seng dan magnesium. Semua zat tersebut punya fungsinya masing-masing di dalam tubuh.

maxpixel.net

Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan

Sekarang mengkonsumsi buah kurma bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya produk sari kurma. Sari kurma ini dibuat dari buah kurma asli yang diekstrak sehingga didapatkan saripati kurma yang terpisah dari bagian yang tidak larut dalam air. Sari kurma sendiri bisa dibuat dalam 2 bentuk yaitu bentuk cair maupun bentuk serbuk. Masing-masing punya manfaat yang sama, perbedaannya hanya pada bentuk dan cara mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaat sari kurma yang bisa dirasakan jika Anda mengkonsumsinya secara rutin dengan jumlah yang wajar:

  1. Menambah oksigen dalam darah

Manfaat yang pertama adalah menambah kadar oksigen yang ada di dalam darah. Kadar oksigen dalam darah ini memang memainkan peranan yang cukup penting untuk aktivitas sehari-hari karena setiap organ tubuh manusia memerlukan oksigen supaya bisa berfungsi dengan baik. Kaitan manfaat kurma dengan kadar oksigen ini adalah dari adanya kandungan zat besi yang tinggi di dalam buah kurma. Kandungan zat besi ini akan mudah diserap tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang jumlahnya cukup dan sempurna dapat mengikat banyak oksigen.

  1. Menyehatkan saluran pencernaan, khususnya bagian usus

Usus merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh yang punya fungsi penting guna penyerapan nutrisi. Mengkonsumsi buah kurma ternyata dapat menunjang kesehatan pencernaan khususnya bagian usus. Di dalam buah kurma terkandung serat yang memang dikenal baik untuk pencernaan. Serat ini mampu membuat lapisan lendir di usus terlindungi sehingga penyerapan nutrisi bisa berjalan lancar tanpa masalah. Selain itu, kandungan serat ini juga dapat membantu menghambat terserapnya kolesterol jahat (LDL)

  1. Mencegah terjadinya infeksi dan peradangan di dalam tubuh

Tubuh manusia sangat rentan terhadap infeksi maupun peradangan, terlebih ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Sari kurma memiliki manfaat sebagai anti infeksi dan anti-inflamasi (anti peradangan). Manfaat ini ada berkat kandungan anti-oksidan di dalam buah kurma.

  1. Mencegah terjadinya anemia

Selain kandungan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah, di dalam buah kurma juga terkandung zat tembaga yang juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Mengkonsumsi buah kurma maupun sari kurma dapat membuat produksi sel darah di dalam tubuh selalu tercukupi sehingga tubuh terhindar dari anemia.

maxpixel.net
  1. Mencegah konstipasi atau sembelit

Sembelit bisa jadi dianggap sepele namun jika berlangsung terus menerus dapat membuat tubuh terasa kurang nyaman dan bisa juga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Konstipasi atau sembelit bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat salah satunya sari kurma yang dibuat dari buah kurma asli. Sari kurma memang mengandung serat pangan yang dapat membuat sistem pencernaan lancar dan tubuh terhindar dari sembelit.

  1. Mengembalikan energi tubuh dengan cepat

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa buah kurma mengandung gula yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh. Tubuh dapat kembali bertenaga setelah seharian berpuasa hanya dengan mengkonsumsi beberapa butir kurma ataupun meminum sari kurma sesaat setelah buka puasa. Kandungan gula ini membuat kurma cocok dikonsumsi ketika Anda butuh energi dalam waktu yang cepat.

  1. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Penyakit kanker bisa disebabkan oleh banyak faktor baik dari dalam tubuh maupun dari lingkungan. Sari kurma dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas dan sumber-sumber penyakit kanker yang ada di sekitar. Manfaat sebagai pencegah kanker ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kurma serta kandungan vitamin A.

  1. Membuat kulit tubuh lebih sehat

Siapa yang tidak ingin punya kulit yang sehat dan bercahaya, terlebih para kaum hawa. Sari kurma punya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Mengkonsumsi sari kurma secara rutin dapat membantu kulit selalu ternutrisi sehingga terilhat lebih sehat, cerah dan bercahaya.

  1. Membuat jantung lebih sehat

Jantung memiliki fungsi yang sangat penting di dalam kehidupan seorang manusia oleh karena itu kondisinya perlu untuk selalu dijaga. Mengkonsumsi sari kurma bisa jadi salah satu langkah menjaga kondisi jantung tetap sehat karena di dalam sari kurma terdapat kandungan kalium. Kalium ini punya peranan yang penting dalam mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Tekanan darah dan denyut jantung yang terkontrol dengan baik dapat menghindarkan dari penyakit jantung koroner dan gangguan jantung lainnnya.

www.pexels.com

Manfaat Sari Kurma bagi Ibu Hamil

Buah kurma dalam bentuk sari kurma memang punya banyak manfaat untuk kesehatan secara umum, tapi ternyata ada pula banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Ibu hamil memang memerlukan asupan gizi yang cukup supaya perkembangan janin yang dikandung dapat berlangsung secara optimal. Menambah asupan gizi ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sari buah kurma secara rutin. Berikut ini manfaat sari kurma yang bisa dirasakan oleh para calon ibu yang sedang mengandung:

  • Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi

Wanita hamil rentan kekurangan kalsium sehingga tidak jarang para dokter menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi suplemen kalsium tambahan. Sari kurma mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang ibu hamil. Sari kurma ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang ibu saja namun juga bisa membuat janin mendapatkan suplai kalsium yang mencukupi sehingga pertumbuhan tulangnya pun terjadi dengan baik.

  • Melancarkan proses persalinan

Proses persalinan adalah sebuah proses antara hidup dan mati yang dirasakan oleh wanita. Persalinan bukanlah proses yang mudah dan perlu dilakukan dengan usaha yang tidak main-main. Sebelum proses persalinan berlangsung kondisi ibu harus dijaga supaya rileks supaya proses melahirkan sang jabang bayi ke dunia dapat berjalan lebih lancar. Mengkonsumsi sari kurma ternyata bisa mempermudah persalinan karena kandungan di dalam sari kurma ini dapat memicu produksi hormon oksitosin yaitu hormon yang memicu terjadinya kontraksi yang membantu ibu untuk mengeluarkan bayi dari dalam rahim.

  • Memicu produksi ASI (Air Susu Ibu)

Tidak hanya berperan selama kehamilan dan persalinan, mengkonsumsi sari kurma juga sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Ibu yang rutin mengkonsumsi sari kurma akan memproduksi hormon potuchin yang memperlancar ASI. Produksi ASI yang lancar akan membuat bayi terpenuhi kebutuhan gizinya sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.  Selain memperlancar ASI hormon ini juga berperan untuk menghentikan perdarahan setelah melahirkan dan mempercepat pemulihannya serta mengurangi rasa sakit.

www.pexels.com
  • Menghindarkan ibu hamil dari anemia

Ibu hamil memang rentan terserang anemia karena darah yang ada di dalam tubuh ibu dialirkan ke janin untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila ibu tidak mendapatkan asupan zat besi yang mencukupi maka ibu hamil sangat rentan untuk terserang anemia. Konsumsi sari kurma selama kehamilan dapat mencegah terjadinya anemia karena kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari sari kurma. Manfaat ini bisa dirasakan jika sari kurma dikonsumsi dalam jumlah normal dan tidak berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihan sari kurma ini juga bisa mendatangkan efek samping seperti kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini bisa terjadi karena kandungan gula yang tinggi di dalam buah kurma. Jika dikonsumsi terlalu banyak tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik maka kandungan gula dalam sari buah kurma ini dapat tertimbun dan membuat jarum timbangan berat badan semakin bergeser ke arah kanan.

Jenis-jenis kurma pun sangat beragam. Tiap-tiap jenis kurma punya karakteristiknya masing-masing mulai dari warna, bentuk hingga rasanya. Salah satu jenis yang populer adalah kurma Ajwa atau biasa juga disebut sebagai kurma nabi. Kurma ini punya banyak keutamaan karena merupakan kurma yang paling disukai okeh Nabi Muhammad SAW. Kurma nabi ini menjadi salah satu jenis kurma favorit yang banyak dicari dan dibeli oleh jemaah Haji atau Umrah yang datang ke tanah suci.

Kurma nabi maupun jenis kurma lainnya bisa dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh haji ataupun toko lainnya. Anda dapat membeli di tempat jual kurma nabi untuk bisa mencicipi kurma Ajwa kesukaan Rasulullah SAW. Tempat-tempat jual kurma nabi ini biasanya mengimpor langsung kurma tersebut dari derah asalnya di dataran Arab. Mengkonsumsi buah kurma ataupun sari kurma selain menjalankan sunnah nabi juga mendatangkan banyak manfaat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *